Syarat dan Ketentuan Stan


  1. Stan adalah semua penjual di Sejuta Buku. Stan merupakan penerbit atau distributor buku yang berbentuk CV/PT yang telah diverifikasi oleh Sejuta Buku.
  2. Halaman stan dapat di akses melalui menu “Masuk sebagai Stan”. 
  3. Stan dapat mengelola stok, harga dan atribut buku melalui halaman stan.
  4. Stan dapat mengelola status buka atau tutup melalui halaman stan. Stan yang tutup tidak dapat menerima pesanan.
  5. Stan dapat menerima dan menolak pesanan serta memasukkan nomor resi pengiriman melalui halaman stan.
  6. Stan dapat melihat status pesanan, saldo dompet dan data buku di halaman stan.
  7. Pembayaran sebuah pesanan akan ditambahkan ke saldo dompet setelah pembeli melakukan konfirmasi terima barang dan transaksi selesai.
  8. Komplain dari pembeli hendaknya diselesaikan secara langsung antara stan dengan pembeli. 
  9. Dalam berkomunikasi dengan pembeli hendaknya menggunaan fasilitas kirim pesan dari Sejuta Buku, karena pesan-pesan ini akan menjadi salah satu acuan dalam pengambilan keputusan jika komplain tidak terselesaikan.
  10. Jika komplain tidak terselesaikan dalam 7 hari, Sejuta Buku akan membantu penyelesaian komplain dan mengambil keputusan apakah pesanan batal dan uang dikembalikan ke pembeli atau selesai dan uang diteruskan ke penjual. Keputusan oleh Sejuta Buku akan diambil setelah batas waktu 7 hari pertama sampai dengan 14 hari sejak komplain dibuat. Keputusan dibuat berdasarkan fakta dan informasi yang ada. Keputusan yang diambil Sejuta Buku bersifat final dan langsung dijalankan oleh sistem.
  11. Ongkos kirim pesanan dari penjual ke pembeli dibayar oleh stan terlebih dahulu dan akan diganti saat transaksi sudah selesai. Pengganti ongkos kirim akan masuk ke saldo dompet bersama dengan pembayaran buku dari pesanan yang sudah selesai.
  12. Ongkos kirim yang ditagihkan ke pembeli sudah menggunakan tarif resmi dari agen pengiriman (ekspedisi) yang dipakai. Jika terjadi perbedaan antara tarif yang dihitung oleh sistem dengan ongkos kirim yang dikeluarkan saat pengiriman maka perbedaan ongkos kirim menjadi tanggungan stan sepenuhnya dan tidak akan diganti Sejuta Buku atau ditagihkan ke pembeli, sehingga nominal ongkos kirim yang diakumulasikan ke saldo dompet adalah nilai dari perhitungan sistem Sejuta Buku.
  13. Pencairan dana dari Sejuta Buku ke stan dilakukan secara otomatis (tanpa perlu ada permintaan pencairan). Untuk menghindari kebocoran dan penyalahgunaan, Sejuta Buku memberlakukan aturan “Tidak Ada Uang Mengendap di Dompet”, sehingga dana yang ada di dompet dengan saldo lebih dari Rp 20.000 akan otomatis ditransfer ke rekening bank stan. Transfer pencairan dilakukan sekali dalam seminggu pada hari Rabu, kecuali hari libur nasional atau bank libur. 
  14. Seluruh biaya yang dikenakan oleh bank dalam proses transfer akan dipotongkan dari dana yang ditransfer.
  15. Rekening Bank stan adalah rekening bank yang diinformasikan ke Sejuta Buku dalam bentuk surat pernyataan bermaterai Rp 6.000, yang ditanda tangani oleh pimpinan atau pejabat yang berwenang (Direktur Utama).
  16. Perubahan rekening bank stan harus dilakukan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000, yang ditanda tangani oleh pimpinan atau pejabat yang berwenang (Direktur Utama).
  17. Perubahan email stan harus dilakukan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000, yang ditanda tangani oleh pimpinan atau pejabat yang berwenang (Direktur Utama).