Perihal Stan


Apa yang dimaksud dengan Stan?

Sejalan dengan konsep Pameran Buku Online, di Sejuta Buku penjual atau lapak disebut sebagai Stan. Semua Stan di Sejuta Buku adalah penerbit/distributor buku resmi yang telah lolos prosedur verifikasi. Hal ini untuk menjamin bahwa buku di Sejuta Buku adalah asli dan resmi sesuai regulasi industri penerbitan Indonesia.  Setiap Stan memiliki halaman Stan (etalase) dan produk (buku) sendiri.

Fitur-fitur stan :

  1. Manajemen data buku dan stok buku yang dijual.
    Data buku sebaiknya lengkap, terutama untuk judul, penulis dan penerbit. Hal ini untuk mempermudah pencarian oleh pembeli. Setiap buku yang dijual harus memiliki cover dan stoknya tidak kosong.
  2. Harga netto/harga diskon (harga setelah diskon, jika dijual dengan diskon).
    Buku yang dijual dengan diskon ≥20% akan menampilkan tanda SALE. Fitur ini bersifat otomatis.
  3. Harga grosir.
    Harga yang diberlakukan untuk pembelian grosir. Sejuta Buku menetapkan aturan bahwa jumlah minimal grosir adalah 5 (lima) exemplar. Fitur ini bersifat opsional.
  4. Pengaturan buka dan tutup stan.
    Stan hanya akan menerima pesanan jika Stan dalam status buka.
  5. Dompet.

    Semua dana dari pembayaran transaksi yang dinyatakan sudah selesai oleh pembeli akan diakumulasikan ke dalam dompet. Pada menu dompet masing-masing Stan akan tertampil data detail dari setiap dana yang masuk dan keluar (pencairan atau retur penjualan).

    Pencairan dana stan dilakukan secara setiap 1 (satu) minggu sekali tanpa perlu melakukan permintaan pencairan dana. Sejuta Buku memberlakukan aturan saldo minimum yang dapat ditransfer adalah Rp. 20.000.-, Semua dana yang ada di saldo akan di transfer ke rekening Stan.

    Nomor rekening Stan yang dianggap sah sebagai nomor tujuan pencairan dana kepada Stan adalah nomor rekening yang diinformasikan melalui surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan dan stempel resmi dengan perihal rekening bank untuk pencairan dana dari penjualan Stan di Sejuta Buku. Setiap perubahan nomor rekening Stan harus melalui pula surat pernyataan seperti di atas. Menu Rekening Bank hanya dapat diubah oleh Sejuta Buku.

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan sebagai Stan?
  1. Mengelola profil stan, mengubah kata sandi dan mengubah catatan stan.
  2. Mengelola Buka/Tutup stan.
  3. Mengelola buku yang dijual, termasuk stok buku.
  4. Mengubah cover buku.
  5. Mengelola atribut buku (Buku Recommended dan Free Ongkir).
  6. Menerima pesanan.
  7. Melakukan pengiriman.
  8. Merespon komplain/keluhan pembeli.